Martin A. Schwartz: Pentingnya Kebodohan dalam Penelitian Ilmiah

ilustrasi [realme-cam]


SAYA baru-baru ini melihat seorang teman lama untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun. Kami telah Ph.D, sama-sama menuntut ilmu, meskipun dalam bidang yang berbeda. Dia kemudian keluar dari sekolah pascasarjana, masuk ke Harvard Law School dan sekarang menjadi pengacara senior untuk sebuah organisasi lingkungan besar. Pada titik tertentu, percakapan beralih ke mengapa dia meninggalkan sekolah pascasarjana. Yang membuatku sangat heran, dia mengatakan itu karena itu membuatnya merasa bodoh. Setelah beberapa tahun merasa bodoh setiap hari, dia siap melakukan hal lain.

Saya telah menganggapnya sebagai salah satu orang paling cerdas yang saya kenal dan kariernya selanjutnya mendukung pandangan itu. Apa yang dia katakan menggangguku. Saya terus memikirkannya; kadang-kadang keesokan harinya, saya tersadar. Sains juga membuatku merasa bodoh. Hanya saja aku sudah terbiasa. Begitu terbiasa, sehingga saya secara aktif mencari peluang baru untuk merasa bodoh. Aku tidak tahu harus berbuat apa tanpa perasaan itu. Saya bahkan berpikir seharusnya seperti ini. 

Mari saya jelaskan.

Bagi hampir semua dari kita, salah satu alasan kita menyukai sains di sekolah menengah dan perguruan tinggi adalah karena kita pandai dalam bidang itu. Itu tidak bisa menjadi satu-satunya alasan – ketertarikan untuk memahami dunia fisik dan kebutuhan emosional untuk menemukan hal-hal baru juga harus masuk ke dalamnya. Tetapi sains sekolah menengah dan perguruan tinggi berarti mengambil kursus, dan berhasil dalam kursus berarti mendapatkan jawaban yang benar dalam ujian. Jika Anda tahu jawaban itu, Anda melakukannya dengan baik dan merasa pintar.

Ph.D., di mana Anda harus melakukan proyek penelitian, adalah hal yang sangat berbeda. Bagi saya, itu adalah tugas yang menakutkan. Bagaimana saya bisa membingkai pertanyaan yang akan mengarah pada penemuan yang signifikan; merancang dan menafsirkan eksperimen sehingga kesimpulannya benar-benar meyakinkan; meramalkan kesulitan dan melihat jalan keluarnya, atau, jika gagal, menyelesaikannya ketika itu terjadi? Ph.D. proyek agak interdisipliner dan, untuk sementara, setiap kali saya mengalami masalah, saya mengganggu orang fakultas di departemen saya yang ahli dalam berbagai disiplin ilmu yang saya butuhkan. Saya ingat, hari ketika Henry Taube (yang memenangkan Hadiah Nobel dua tahun kemudian) memberi tahu saya bahwa dia tidak tahu bagaimana menyelesaikan masalah yang saya alami di wilayahnya. Saya adalah seorang mahasiswa pascasarjana tahun ketiga dan saya pikir Taube tahu sekitar 1.000 kali lebih banyak daripada saya (perkiraan konservatif). Jika dia tidak memiliki jawabannya, tidak ada yang melakukannya.

Saat itulah saya tersadar: tidak ada yang melakukannya. Itu sebabnya itu menjadi masalah penelitian. Dan menjadi masalah penelitian saya, terserah saya untuk menyelesaikannya. Begitu saya menghadapi fakta itu, saya menyelesaikan masalah dalam beberapa hari. (Itu tidak terlalu sulit; saya hanya harus mencoba beberapa hal.) Pelajaran penting adalah bahwa ruang lingkup dari hal-hal yang saya tidak tahu tidak hanya luas; itu, untuk semua tujuan praktis, tidak terbatas. Kesadaran itu, alih-alih mengecilkan hati, justru membebaskan. Jika ketidaktahuan kita tidak terbatas, satu-satunya tindakan yang mungkin dilakukan adalah menyelesaikannya sebaik mungkin.

Saya ingin menyarankan agar Ph.D. program sering merugikan siswa dalam dua cara. Pertama, menurut saya siswa tidak dibuat untuk memahami betapa sulitnya melakukan penelitian. Dan betapa sangat, sangat sulitnya melakukan penelitian penting. Ini jauh lebih sulit daripada mengambil kursus yang sangat menuntut sekalipun. Yang membuatnya sulit adalah bahwa penelitian adalah pencelupan dalam hal yang tidak diketahui. Kami hanya tidak tahu apa yang kami lakukan. Kami tidak yakin apakah kami mengajukan pertanyaan yang tepat atau melakukan eksperimen yang tepat sampai kami mendapatkan jawaban atau hasilnya. Diakui, sains dipersulit oleh persaingan untuk mendapatkan hibah dan ruang di jurnal-jurnal top. Namun terlepas dari semua itu, melakukan penelitian yang signifikan pada dasarnya sulit dan mengubah kebijakan departemen, kelembagaan atau nasional tidak akan berhasil mengurangi kesulitan intrinsiknya.

Kedua, kita tidak melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam mengajar siswa kita bagaimana menjadi bodoh secara produktif – yaitu, jika kita tidak merasa bodoh itu berarti kita tidak benar-benar berusaha. Saya tidak berbicara tentang 'kebodohan relatif', di mana siswa lain di kelas benar-benar membaca materi, memikirkannya dan lulus ujian, sedangkan Anda tidak. Saya juga tidak berbicara tentang orang-orang cerdas yang mungkin bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan bakat mereka. Sains melibatkan menghadapi `kebodohan mutlak' kita. Kebodohan semacam itu adalah fakta eksistensial, yang melekat dalam upaya kita untuk mendorong jalan kita ke hal yang tidak diketahui. Ujian pendahuluan dan tesis memiliki ide yang tepat ketika panitia fakultas mendorong sampai siswa mulai mendapatkan jawaban yang salah atau menyerah dan berkata, 'Saya tidak tahu'. Inti dari ujian bukanlah untuk melihat apakah siswa mendapatkan semua jawaban dengan benar. Jika ya, fakultaslah yang gagal dalam ujian. Intinya adalah untuk mengidentifikasi kelemahan siswa, sebagian untuk melihat di mana mereka perlu menginvestasikan beberapa upaya dan sebagian lagi untuk melihat apakah pengetahuan siswa gagal pada tingkat yang cukup tinggi sehingga mereka siap untuk mengambil proyek penelitian.

Kebodohan yang produktif berarti menjadi bodoh karena pilihan. Berfokus pada pertanyaan penting yang diajukan.

Berfokus pada pertanyaan-pertanyaan penting menempatkan kita pada posisi canggung karena tidak tahu apa-apa. Salah satu hal yang indah tentang sains adalah ia memungkinkan kita untuk terus-terusan, melakukan kesalahan dari waktu ke waktu, dan merasa baik-baik saja selama kita mempelajari sesuatu setiap saat. Tidak diragukan lagi, hal ini dapat menyulitkan siswa yang terbiasa mendapatkan jawaban yang benar. Tidak diragukan lagi, tingkat kepercayaan diri dan ketangguhan emosional yang masuk akal membantu, tetapi saya pikir pendidikan ilmiah dapat berbuat lebih banyak untuk memudahkan transisi yang sangat besar: dari mempelajari apa yang pernah ditemukan orang lain hingga membuat penemuan Anda sendiri. Semakin nyaman kita menjadi bodoh, semakin dalam kita mengarungi hal yang tidak diketahui dan semakin besar kemungkinan kita membuat penemuan besar.



Sumber: