Tualang Penghambaan di Puncak Tertinggi




/Oce Satria

Aku tahu, apa yang kalian cari di puncak sana,
yang tak mungkin dimafhumi semua orang.

Aku tahu apa yang kalian ingin rasakan berada di ketinggian dan di ketiadaan diri di tiap-tiap bebatuan di padang gurunnya Marapi,
yang tak mungkin dipahami semua orang.

Aku tahu apa yang hendak kalian buktikan merangkak di terjal demi terjal Marapi yang mengintai raga dan atma,
yang tak mungkin diakui semua orang.

Aku tahu apa yang ingin kalian taddaburi pada tebing-tebing, akar-akar, batu-batu, kegelapan, dan kaldera yang mengangga yang melepuh magma,
yang tak mungkin dipercaya semua orang.

Aku tahu, dan selalu tahu, di tengah segala bahaya dan ancaman, kalian senantiasa menasbihkan nama-Nya, menangisi diri, dan makin merendahkan penghambaan di puncak Marapi Paling Tinggi

Selamat jalan, kawan-kawan. Surgalah di tanganmu, Tuhanlah di sisimu.
Innalillahi wa innailaihi raajiuun.

5 Desember 2023